Home » » Akar Wangi Anti Nyamuk Alami

Akar Wangi Anti Nyamuk Alami

Akar wangi merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal masyarakat Indonesia selama turun temurun. Tanaman dengan nama latin Andropogon zizanioides Linn ini umumnya ditanam di tanggul sawah dan di tepi sungai untuk mencegah erosi.  Akar wangi juga dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alami untuk peradangan, nyeri otot , kosmetik bahkan pengusir nyamuk. Potensi akar wangi di Jawa Barat yang melimpah menjadi dasar penelitian Ellin Febrina bersama rekan dan mahasiswanya meneliti kandungan tanaman herbal ini. Penelitiannya ini dipresentasikannya dalam “Seminar Pembangunan Jawa Barat” yang diselenggarakan Jaringan Penelitian Jawa Barat, Tanggal 13 Juni 2012.
Dengan memanfaatkan akar wangi yang sudah mengalami proses penyulingan menjadi minyak atsiri di salah satu pabrik di Garut, Ellin bersama rekan-rekannya meneliti untuk membuat lotion anti nyamuk. Minyak atsiri akar wangi dengan kandungan 5% ditambahkan basis lotion dan emolsi yang diformulasikan selama 30 hari. Mekanisme kerja penggunaan lotion akar wangi yang yaitu dengan mengalihkan aroma CO2 dan bau keringat manusia sehingga nyamuk kehilangan orientasi untuk menggigit.
“Kami mencoba melakukan uji aktivitas dan uji iritasi pada 10 orang sample yang menggunakan lotion ini terbukti dapat mencegah gigitan nyamuk selama 4,5 jam.” Ujar Ellin menjelaskan.
Meskipun masih kurang efektif dibandingkan lotion anti nyamuk yang beredar dipasaran, Ellin mengatakan kandungan akar wangi tidak mengakibatkan efek buruk pemakaian jangka panjang karena Diethyltoluamide atau DEET dapat menyebabkan gangguan syaraf.
Peneliti yang juga dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran ini menjelaskan lotion akar wangi hasil penelitiannya juga dapat mencegah gigitan nyamuk Culex yang membawa penyakit Filariasis (penyakit Kaki Gajah)maupun yang tidak. Oleh karena itu wanita berjilbab ini mengharapakan perhatian dari berbagai pihak agar dapat membantu keberlajutan penelitiannya untuk mensosialisasikan temuannya di daerah endemic Kaki Gajah yang ada di Jawa Barat.
Formulasi losion anti nyamuk dari minyak atsiri akar wangi ini merupakan salah satu materi yang dipresentasikan dari 52 penelitian di lingkungan Jaringan Penilitan Jawa Barat. Penelitian ini juga membuktikan peluang penelitian dalam bidang bahan alam yang tidak terbatas. Apalagi pengembangan potensi bahan alam di Indonesia didukung oleh kebijakan serta program riset dan teknologi dari pemerintah dimana Kementrian Riset dan Teknologi yang telah menetapkan 7 (tujuh) Bidang Fokus penelitian, pengembangan dan penerapan iptek tahun 2005-2025 yakni teknologi pangan, teknologi energy, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi kesehatan dan obat serta material maju.
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved