Home » , » Jaket Kulit Sukaregang Garut

Jaket Kulit Sukaregang Garut

Selama ini Garut dikenal orang dengan dodol, domba, batik, dan jeruknya. Padahal ada satu produk yang tidak dapat dipisahkan dari nama Garut, yakni jaket kulit yang terbuat dari kulit domba dan sapi.
Garut adalah salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut.
Faktor pendukung terwujudnya sentra industri jaket kulit di Garut diantaranya adalah ketersediaan bahan baku. Sumber bahan baku di Kabupaten Garut cukup melimpah dengan lokasi yang strategis, berdekatan bahkan menyatu dalam lingkungan sentra industri kecil penyamakan kulit.


 
Selain itu letak geografis Kabupaten Garut yang dekat dengan kota Bandung sebagai pusat perdagangan pakaian jadi dan Jakarta sebagai pusat perdagangan nasional, memungkinkan pelaku bisnis untuk terus serius meningkatkan produksi jaket kulit karena mudah dipasarkan.
Jika anda tertarik dengan jaket kulit ini, datang saja ke sentra kerajinan jaket kulit garut, letaknya tidak jau dari pusat kota Garut, tepatnya terletak di daerah Sukaregang kecamatan Garut Kota. Deretan outlet penjual produk jaket kulit ini berada di Jl. Ahmad Yani kota Garut, sedangkan industri penyamakan kulit serta pengrajin produk kulit kebanyakan berada di Jl. Gagak Lumayung yang terletak tidak jauh dari Jl. Ahmad Yani.

Sentra kerajinan jaket kulit ini sudah cukup terkenal, selain memenuhi permintaan konsumen lokal dan nasional, Jaket Kulit Garut juga sudah merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, dll.  Data terakhir, jaket kulit Garut diekspor ke Singapura, Malaysia, Taiwan dan Australia dengan volume mencapai 9.488 potong senilai $448.464.  Ini menunjukan peningkatan ekpor yang cukup membaik dimana volume ekspor sebelumnya mencapai 5.100 potong senilai US$258.651,0
Saat memasuki kawasan Sukaregang, Anda akan melihat ada banyak jejeran toko yang menjual jaket kulit. Mulai jaket laki-laki, perempuan, dewasa dan anak kecil ada di sini. Desain dan motif yang digunakan pada jaket kulit Garut sangat beragam dan modern. Tidak monoton itu-itu saja, jadi selalu menarik untuk dilihat dan dibeli.
Agar tidak ketinggalan perkembangan mode, para produsen jaket kulit di garut biasanya mengikuti tren mode yang sedang berkembang sesuai kiblat fashion, yakni Italia. Selain itu, beberapa pemilik toko jaket kulit pun berkonsultasi dengan desainer tentang model jaket. Konsumen yang memesan dalam jumlah banyak atau hanya satu potong pun bisa memesan desain sesuai selera asalkan diukur terlebih dahulu.
Desain dan motif jaket kulit garut
Menurut Tatang Suryana, pemilik Salza Leather Shop, toko jaket kulit tidak dapat dilepaskan dari aspek kualitas dan harga jaket kulit itu sendiri. Dari sisi kualitas, jaket kulit buatan perajin di Garut tidak kalah dengan jaket kulit keluaran merek-merek ternama dari luar negeri
Bahkan artis pun banyak yang menggunakan jaket kulit garut
“Pada beberapa kesempatan pameran di luar negeri, kualitas jaket kulit dari Garut, menurut konsumen luar negeri, bagus dan bisa bersaing dengan buatan luar negeri,” kata Tatang
Di samping itu, dibandingkan dengan produk jaket kulit buatan luar negeri yang harganya mencapai Rp 10 juta ke atas, harga jaket kulit di Garut masih terjangkau. Tatang menjual jaket kulit dengan harga mulai Rp 700.000 sampai Rp 1,5 juta per potong
Selain jaket yang dijahit menggunakan mesin jahit, ada juga jaket yang dijahit manual oleh perajin. Jaket buatan tangan ini menggunakan kulit sebagai pengganti benang. Jadi, jaket kulit ini tidak dijahit menggunakan benang, tetapi kulit.
Bagi saya jaket kulit garut ini sangat cocok sekali, sebab selain harganya terjangkau juga kualitasnya tidak kalah dengan jaket kulit buatan luar negeri..
Saya membeli jaket kulit ini 4 tahun lalu dan sampai sekarang warnanya belum pudar, ini membuktikan bahwa jaket kulit garut ini sangat berkualitas..

Nah buat anda yang sedang atau mau berlibur ke garut jangan lupa mampir ke sentra jaket kulit di Sukaregang ya,,, selain bisa membeli, anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan jaket kulit. Mulai dari kulit yang baru dikuliti, hingga proses penjahitan bisa anda saksikan… Selanjutnya >>
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved