Home » » Tips dan Trik Untuk Memantapkan Skill Komunikasi

Tips dan Trik Untuk Memantapkan Skill Komunikasi

Hampir semua jenis kegiatan atau pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik. Berbagai cara dan media tersedia sebagai sarana komunikasi. Namun, tidak semua orang mampu menerapkan cara komunikasi yang baik dan efektif.

Pada dasarnya, komunikasi adalah bagaimana Anda menyampaikan maksud atau tujuan Anda agar dimengerti orang lain. Namun, seringkali orang-orang justru melakukan kesalahan dalam berkomunikasi sehingga maksud yang dikemukakan tersebut tidak tersampaikan dengan jelas dan malah menimbulkan salah paham.

Kesalahan yang terjadi dalam komunikasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Untuk meminimalisir terjadinya salah komunikasi, Anda harus belajar mempertajam skill komunikasi yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mempertajam skill komunikasi Anda:

Kaitan emosi dan komunikasi
Penting sekali untuk memahami emosi lawan bicara, ketika Anda ingin menyampaikan sebuah pesan. Sama halnya, Anda juga harus memahami kondisi emosi Anda sendiri.
Usahakan bahwa Anda sedang berada pada keadaan yang kondusif ketika menerima maupun menyampaikan pesan.
Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengambil keputusan perihal cara atau media apa yang tepat digunakan untuk menyampaikan pesan pada lawan bicara Anda.

Komunikasi dan informasi
Informasi adalah hal paling penting dalam sebuah proses komunikasi. Namun, kualitas sebuah informasi tentunya akan sangat mempengaruhi komunikasi Anda. Misalnya, pada dunia bisnis, penting atau tidaknya sebuah informasi akan mempengaruhi kualitas informasi itu sendiri.
Saat ini, media massa dan beberapa teknologi memang menempatkan informasi sebagai sebuah komoditas. Baik telepon, jejaring sosial, maupun portal online telah membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menyampaikan atau mengakses informasi secara cepat dan mudah.

Jadilah penarik perhatian
Sebagai seseorang yang menyampaikan informasi kepada beberapa orang, Anda punya kemampuan untuk merebut perhatian orang-orang tersebut.
Dalam dunia bisnis misalnya, Anda perlu menemukan cara-cara efektif dalam menyampaikan pesan secara masal. Pastikan pula bahwa komunikasi terjadi secara formal dan dua arah, sehingga pesan dapat sampai dengan jelas.

Penggunaan kata ‘saya’ secara proporsional
Kata ‘saya’ sebaiknya digunakan secara tepat agar memberikan efek yang positif dalam proses komunikasi yang Anda lakukan. Kata ‘saya’ dapat digunakan dalam peberdayaan, mendengarkan secara aktif, dan akuntabilitas. Kata ‘saya’ juga dapat menambah nilai kepastian dalam kalimat yang Anda sampaikan.
Antisipasi arus informasi secara cepat
Arus informasi kini kian cepat dan terbantu oleh berbagai media komunikasi yang semakin berkembang. Bahkan, kendala bahasa pun sudah dapat ditangani dengan adanya teknologi. Maka bukan tidak mungkin sebuah pesan akan bisa tersampaikan kepada siapapun dan di belahan bumi manapun.
Orisinalitas
Keaslian informasi seringkali menjadi perhatian para professional. Jadi, jika Anda mampu memberikan informasi yang sebenarnya secara lengkap maka kemungkinan besar Anda akan lebih paham dan terhindar dari kekeliruan informasi.
‘HOT’ dalam berkomunikasi
HOT yang berarti ‘Honest’, ‘Open’, dan ‘Two Way’ adalah tiga elemen penting dalam berkomunikasi. Hal ini sangat bermanfaat agar sebuah komunikasi berjalan efektif.
Hubungan personal
Komunikasi juga dipengaruhi hubungan personal seperti persahabatan atau keluarga. Pada dasarnya, komunikasi akan berjalan baik melalui hubungan yang baik pula diantara kedua belah pihak.
Hubungan personal akan membuat seseorang merasa tidak segan untuk mendengarkan dan bertanya. Bahkan, tak jarang seseorang akan memberikan sanggahan jika informasi yang disampaikan terbukti kurang tepat.

Kreatif berkomunikasi
Kemampuan kreativitas seseorang dalam berkomunikasi memang sangat diperlukan. Sebuah komunikasi atau penyampaian pesan akan berlangsung baik jika digunakan media atau metode komunikasi yang interaktif.
Misalnya, ketika seorang dosen harus memberi kuliah umum pada ratusan mahasiswa, tentu ia akan memanfaatkan berbagai peralatan modern yang akan mendukung proses penyampaian informasi yang dilakukannya.
Bisa juga dengan menerapkan metode talk show yang memberi kesempatan untuk mahasiswa untuk maju ke depan dan bertanya.





Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved