Home » , , » Jumlah Pasien Keracunan di Garut Menjadi 40 Orang

Jumlah Pasien Keracunan di Garut Menjadi 40 Orang

Jumlah pasien penderita gejala keracunan asal Kecamatan Cibiuk dan Baluburlimbangan bertambah menjadi sekitar 40 orang. Sebelumnya, sekitar 25 warga menderita gejala keracunan dalam waktu hampir bersamaan, Kamis (9/1).
Kepala Unit Gawat Darurat Puskesmas Limbangan, Solihin, mengatakan awalnya sejumlah pasien dengan gejala keracunan mendatangi Puskesmas Limbangan sekitar pukul 14.00.
"Tapi pada sore sampai malam hari, jumlah yang datang semakin bertambah banyak. Kami pun mulai kewalahan menanganinya. Kami menangani mereka sesuai standar operasional penanganan kasus gejala keracunan," kata Solihin, Kamis (9/1).


Pukul 20.40, katanya, 30 pasien gejala keracunan dirawat di Puskesmas DTP Limbangan. Sedangkan, sekitar 10 lainnya dirawat di klinik sekitar puskesmas.
Tuturnya, sebagian pasien mengalami dehidrasi dan lemas. Mereka mengalami pusing dan mual, diakhiri dengan muntah. Para penderita gejala keracunan ini pun mendapat penanganan medis intensif, terutama mengatasi dehidrasinya.
Setelah dilakukan pendataan, katanya, puluhan pasien penderita gejala keracunan ini sebagian besar berasal dari Kampung Kebonjati, Desa Limbanmgantengah, Kecamatan Baluburlimbangan. Beberapa pasien lainnya berasal dari Kecamatan Cibiuk.
"Semuanya baru saja menghadiri sebuah pesta pernikahan hari ini. Kebanyakan bilang ada yang ganjil dengan makanan ayamnya. Tapi, belum pasti. Kasus ini masih dalam penelitian. Yang penting sekarang, kami tangani dulu masalah kesehatannya," katanya.
Tuturnya, pihaknya masih sibuk menangani kesehatan para pasien tersebut dan belum merekap secara keseluruhan datanya, termasuk umur dan jenis kelamin. 
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved