Home » , » Pasar Guntur Garut Kebakaran, Puluhan Kios Ludes

Pasar Guntur Garut Kebakaran, Puluhan Kios Ludes

    Ilustrasi kebakaran 
GARUT, KOMPAS.com — Puluhan kios di Blok J Pasar Guntur, Ciawitali, Kabupaten Garut, terbakar, Minggu (10/3/2013) malam. Sampai pagi ini belum diiketahui penyebab dan berapa jumlah kerugian akibat amukan si jago merah tersebut.
Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Garut Diar Cahdiar mengatakan, tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) telah dikerahkan untuk memadamkan api. Lokasi kios yang berada di kawasan gang sempit kawasan pasar sempat menyulitkan upaya pemadaman api.
"Awalnya kami menerjunkan mobil damkar sebanyak dua unit. Tapi, kami tambah lagi satu mobil," kata Diar, Senin (11/3/2013) pagi.
Kini, pihaknya masih menginventarisasi kerugian dan menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan korsleting listrik di sekitar kawasan pasar. "Beruntung tidak ada korban jiwa," ujar Diar.
Selain itu, saat api merambat ke beberapa kios lainnya, para pemilik kios berupaya merusak kios miliknya. Tujuannya, untuk memutus rambatan api yang kian menjalar saat kejadian sehingga kios yang tidak terbakar pun mengalami kerusakan parah.
"Saya sengaja merusak kios sendiri, daripada terbakar api," terang salah seorang pemilik kios Ridwan (40), warga Tarogong, Garut.
Kini, api sudah bisa dipadamkan petugas pemadam kebakaran, tetapi kios yang lokasinya berderet ludes tak tersisa. Puing-puing bangunan kios pun terlihat gosong akibat terbakar.
Sebagian besar blok ini merupakan kios pedagang kelontong dan makanan ringan yang mudah terbakar. Kejadian ini diperkirakan menimbulkan kerugian ratusan juta rupiah.
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved