Home » » Petani di Garut Timbun Bawang Merah

Petani di Garut Timbun Bawang Merah


BANDUNG (Pos Kota) – Puluhan petani bawang di Ciseupan, Kabupaen Garut, Jawa Barat ramai-ramai menimbun bawang merah. Mereka menolak menjual hasil panenya ke bandar yang mendatanginya. Hasil panen akan dijadilan benih jadi alasan beberapa petani.
Anwar,50, menjelaskan, semua petani kini tengah panen bawang. Merrka menolak menjual bawang ke bandar. “ Meski harga sedang naik, kami tidak akan tergiur. Kalau dijual semua, kami akan kesulitan mendapatkan bibit bawang nanti,“ Anwar.
Bawang merah yang dipenen saat ini merupakan bibit dari hasil panen beberapa bulan lalu, saat harga bawang masih Rp 3000 per kg. Kalau hasil panen dijual semua, tak menutup kemuingkinan kesulitan membelii bawang untuk bibit. “ Harga bawang di pasaran Rp 70 ribu per kg. Petani menjual ke bandar Rp 25 -30 ribi per Kg, petani tetap saja sengsara,“ ucapnya.
Menyikapi naiknya harga bawang, petani di Garut sudah sepakat tidak tergiur keuntungan. Mereka pun sudah bertekad menimbun bawang untuk dijadikan benih ketimbang harus dijual.
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved