Home » » Warga Kampung Bangkonol keluhkan kondisi jembatan

Warga Kampung Bangkonol keluhkan kondisi jembatan

LENSAINDONESIA.COM: Warga Kampung Bangkonol Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut, menyesalkan belum ada respon khusus dari pemerintah terkait ambruknya jembatan atau sasak di daerah mereka.
“Saya harap pemerintah terkait bisa segera memperbaiki ambruknya jembatan Bangkonol, bukanya dulu pihak pemerintah sudah melakukan pengontrolan, kenapa sudah hampir enam bulan belum diperbaiki,” keluh Rizal Ramdhan, warga kampung Bangkonol,
kepada LICOM, Jumat (07/06/2013).

Siswa STM di Kabupaten Garut ini mengaku kesulitan setiap akan pergi ke daerah lain seperti untuk berangakat kesekolah. Pasalnya, Rizal dan kawan-kawan seusianya begitu juga dengan warga harus mengarungi sungai yang di dalamnya kurang lebih 3 meter dengan panjang 15 meter.
“Kami juga sudah capek kalau mau berangkat sekolah harus berenang, begitu juga dengan warga yang pergi ke pasar dan berangkat ke kota, harus berenang, karena sasaknya belum diperbaiki,” keluhnya.
Lurah Sukawening Ade Y Komara menyampaikan, jika dirinya sudah menyampaikan ke pihak-pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Dinas Bina Marga serta Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) setempat.
“Saya sudah menyampaikan ke pihak-pihak terkait supaya jembatan segara diperbaiki, tapi mereka bilang lewat perwakilanya belum ada anggaran,” kata Ade.
Menurut Ade, perbaikan jembatan itu bisa dibebankan kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Dinas Sosial Kabupaten Garut. “Jembatan tidak dilalui sebagai jalan lintasan mobil, tetapi untuk warga yang menuju ke kampung itu. Karena ini murni bencana, jadi  bisa dibebankan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak-pihak terkait,” tegasnya.
Sebelumnya, jembatan sepanjang 15 m, dengan lebar 1,5 m dan tinggi 6 yang menghubungkan Kampung Bangkonol dan Kampung Mekarluyu sekitanya, ambruk diterjang banjir bandang 26 Desember 2012 silam.

Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved