Home » » Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Perbaikan Irigasi Baranangsiang-Cipancar

Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Perbaikan Irigasi Baranangsiang-Cipancar

Dua saluran irigasi di Kabupaten Garut diprioritaskan untuk diperbaiki pada 2014. Normalisasi dua saluran irigasi yang menghabiskan dana lebih dari Rp 1 miliar ini bertujuan membantu ribuan petani yang selama ini kesulitan mendapat air di area pertaniannya.
Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Garut, Uu Saepudin, mengatakan dua saluran irigasi tersebut adalah Saluran Irigasi Baranangsiang yang melintasi Kecamatan Cigedug dan Bayongbong serta Saluran Irigasi Cipancar II di Kecamatan Leuwigoong.


"Sejak tahun 2010, Saluran Irigasi Baranangsiang mendapat masalah sedimentasi yang parah. Tahun lalu, sedimentasi menumpuk bahkan terbendung akibat longsor," kata Uu di Kantor SDAP Kabupaten Garut, Kamis (9/1).
Anggaran sebesar Rp 1 miliar, katanya, akan digunakan untuk mengeruk sedimentasi pada saluran irigasi sepanjang 10 kilometer. Dengan demikian, katanya, 882 hektare lahan pertanian di 11 desa di Cigedug dan Bayongbong akan terairi maksimal.
"Awalnya setelah longsor, diperbaiki sementara bersama warga. 30 meter tebing longsor itu ditata supaya tidak longsor susulan. Namun tahun ini, saluran irigasinya akan dikeruk seluruhnya," katanya.
Tahun 2014, katanya Saluran Irigasi Cipancar II di Kecamatan Leuwigoong akan diperbaiki secara permanen. Sebelumnya pada Desember 2013, katanya, 20 meter dinding saluran irigasi ini ambrol dan mengancam rel kereta api di sebelahnya.
Setelah ambrol, saluran irigasi tersebut diperbaiki menggunakan bambu dan karung berisi tanah, untuk penanganan sementara. Pada 2014, saluran irigasi ini akan diperbaiki secara permanen dengan anggaran Rp 150 juta.
Uu mengatakan selain dua saluran irigasi teknis ini, terdapat ratusan saluran irigasi desa yang terkena bencana longsor dan banjir, tersebar di seluruh Kabupaten Garut. Tahun lalu, normalisasi dilakukan pada Saluran Irigasi Cimanuk, Cimaragas, dan Ciojar. 
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved