Home » , » Harga Batu Hijau Garut Semakin Mahal Capai Ratusan Juta

Harga Batu Hijau Garut Semakin Mahal Capai Ratusan Juta

Tak ada yang menyangka batu akik yang berasal dari bongkahan batu kotor ini bisa menjadi batu mulia yang harganya mencapai ratusan juta.
Bongkahan batu-batu besar hasil tambang batu dari Garut, Jawa Barat di Gunung Bungbulang, ternyata punya nilai lebih, setelah melalui berbagai proses pembentukan dan pemolesan.
Sekilas, bongkahan batu ini memang tak menarik. Namun, setelah dilakukan proses pembersihan, pemotongan, pembentukanhingga proses pemolesan, bongkahan batu tersebut berubah menjadi cantik dan bernilai jual tinggi.

Proses pembuatan batu cincin itu hanya memerlukan waktu 15 menit. Tahap pertama proses pembuatan, pada umumnya adalah pemotongan dan pembentukan diameter batu yang diinginkan.
Menggunakan pisau batu diamond wheel yang diputar dengan dinamo, para perajin batu bisa cepat membuat bentuk batu sesuai yang diinginkan. Pembuat harus hati-hati, karena pisau batu bisa saja memutuskan jari tangan, apabila pergelangan tangan terpeleset saat menproses batu.

Usai proses pemotongan dan pencetakan, perajin kemudian pindah ke mesin rakitan yang dilengkapi 5 diamond wheel khusus. Dari tahap penggosokan ini kemudian dilanjutkan dengan proses finishing yang dilakukan dengan cara manual. Para pembuat bisa menciptakan batu yang mengkilap dengan bentuk dan beragam.
Batu akik Garut yang memiliki harga hingga Rp200 juta itu, biasanya berwarna hijau asal Gunung Bungbulang. Para konsumen luar kota maupun luar negeri sangat memyukai batu ini.
Kini batu hijau Garut sudah mulai dipalsukan. Namun, para penggemar batu kini sudah mulai cerdas, mereka tahu bagaimana cara membedakan baru Garut asli dengan yang palsu.
Selain batu hijau, batu asal Garut ternyata banyak ragam jenisnya, seperti batu panca warna yang memiliki lima warna yang indah, batu hijau lumut yang tampak seperti lumut di dalam batu dan batu jenis batu lainnya.

Batu Garut dengan warna hijau khas yang tidak ada duanya ini juga dapat memancarkan cahaya terang, apabila disorot cahaya dari bawah cincinnya. Serat batu hijau yang tampak di dalam terlihat indah seolah awan yang terjebak di dalam batu.
Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved