Home » , » Dibuka Posko Kecurangan Pemilu Kada Garut

Dibuka Posko Kecurangan Pemilu Kada Garut

Metrotvnews.com, Garut: Tim Pemenangan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Garut,Jawa Barat, Agus Hamdani-Syakur yang kalah suara dalam Pemilu Kada Garut putaran kedua membuka posko publik laporan pengaduan kecurangan seputar Pemilu Kada Kabupaten Garut.
"Posko yang dibuka setiap Sekretariat Anak Cabang PPP dan PKB itu disiapkan bagi masyarakat yang ingin mengadukan ihwal kecurangan Pilkada Garut 2013," kata Tim Ahli Pemenangan Pasangan Calon Bupati Garut yang kalah tersebut, Galih Fachrudin, Rabu (27/11).

Ia berharap masyarakat yang mengetahui atau menemukan langsung bentuk pelanggaran Pemilu Kada Garut putaran kedua agar segera melaporkannya ke Sekretariat PKB atau PPP terdekat.

Laporan warga itu, menurut dia, dapat menguatkan proses hukum gugatan Pemilu Kada Garut putaran kedua ke tiga insititusi yakni Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

"Kecurangan pemilu kada yang dilaporkan warga dapat menguatkan upaya kami dalam menempuh jalur hukum gugatan pemilu kada," kata Galih.
Selain mengumpulkan bukti kecurangan Pemilu Kada Garut dari masyarakat, kata Galih, timnya menyiapkan 10 pengacara untuk proses hukum gugatan hasil pemilu kada tersebut.

Menurut dia, berdasarkan data dan bukti yang menjadi bahan laporan ke tiga institusi tersebut dapat memenangkan Pemilu Kada Garut putaran kedua.
"Dengan kemenangan tipis ini kami yakin pasangan kami bisa memenangkan Pemilu Kada. Tentunya jika proses di MK ini dikabulkan," katanya.
Tim Pemenangan Pasangan Calon Bupati Garut Agus-Syakur itu melaporkan berbagai pelanggaran pemilu kada diantaranya adanya politik uang, penggelembungan suara, dan tidak seriusnya Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Garut dalam menindaklanjuti temuan pelanggaran.
Pihak yang akan dilaporkan yakni tim pemenangan pasangan Rudi Gunawan-Helmi Budiman Bupati/Wakil Bupati Garut terpilih, KPU Garut, dan Panwaslu Garut.
Sebelumnya rapat pleno KPU Garut, Selasa (26/11) menetapkan pasangan Rudi-Helmi meraih suara terbanyak 524.164 suara atau 50,31 persen, sedangkan pasangan Akur sebanyak 517.769 suara atau 49,69 persen. 

Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved