Home » , » Mulai 3 Desember Operasi Fokus ke Pengendara Sepeda Motor

Mulai 3 Desember Operasi Fokus ke Pengendara Sepeda Motor

GARUT, TRIBUN - Wakapolres Garut, Kompol Irfan Nurmansyah, mengatakan Operasi Zebra Lodaya akan fokus pada penindakan pelanggaran yang dilakukan para pengendara roda dua, mulai 3 Desember.
Sejak 26 November, katanya, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, operasi lebih fokus pada penindakan angkutan umum dan truk. Operasi yang dilakukan, berkaitan dengan pengukuran gas buangan, surat kendaraan, dan hal-hal yang berkaitan dengan angkutan umum serta barang.
"Sedangkan mulai 3 Desember, kita akan berfokus pada penindakan yang berkaitan dengan pelanggaran kendaraan roda dua. Yang akan kita periksa mulai surat kendaran atau juga mengenai pengguna kendaraannya, seperti SIM, helm, dan lainnya," ujarnya Senin (1/12).
Puluhan pengendara terjaring razia pada Operasi Zebra Lodaya di Perempatan Ahmad Yani - Bratayudha dan Pertigaan Bypass Tanjung, Senin (1/12).
Beberapa pengendara sepeda motor di antaranya ditilang karena tidak memakai helm atau tidak memiliki SIM dan STNK. Nampak beberapa pengendara menghindari lokasi razia karena tidak memakai helm.
Polres Garut menggelar Operasi Zebra Lodaya untuk menegakkan ketertiban berlalu lintas di Garut pada 26 November hingga 9 Desember 2014. Warga Garut diimbau untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang berlaku.
Kepala Satlantas Polres Garut, AKP Asep Muslihat, mengatakan operasi dilakukan di sejumlah titik, mulai dari Limbangan-Malangbong, Pasirwangi-Samarang, Kadungora-Leles, Tarogong-Garutkota, Bayongbong-Cikajang, Karangpawitan-Wanaraja, dan beberapa jalur lainnya.
"Operasi Zebra Lodaya ini bersifat penegakan aturan sehingga bagi setiap pelanggar akan diberikan sanksi tegas. Lain halnya dengan jenis operasi simpatik, saat petugas hanya memberikan peringatan, imbauan, dan saran agar para pengendara mematuhi aturan berlalu lintas," kata Asep.
Asep mengatakan operasi ini dilakukan supaya semua pengendara menaati aturan lalu lintas untuk menciptakan keteriban berlalu lintas. Menurut Asep, hal ini berdampak pada keselamatan para pengguna jalan, baik pengendara atau pejalan kaki.
Operasi Zebra Lodaya ini pun akan digelar di lima titik blackspot di Garut yang selama ini rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Sementara itu, jumlah personil yang akan diturunkan mencapai 200 orang yang terdiri atas aparat Polri, TNI, Dishub, serta Satpol PP.

Share this article :

Post a Comment

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan.

 
Copyright © 2011. GERBANG BERITA - All Rights Reserved